Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Senin, 03 Maret 2008

Rumah Panggung Khas Empat Lawang

Rumah panggung dan rumah Limas adalah cirri khas rumah rumah yang ada di Propinsi Sumatera Selatan, unik dan sangat menarik.

Kabupaten Empat Lawang sendiri memiliki cirri khas sendiri, baik itu desain bentuk maupun tata letak ruangnya.

Rumah Panggung Empat Lawang memiliki 4 ruang utama, yang terdiri :

- Ruang depan, pada ruang ini terdapat satu kamar, biasanya kamar ini diperuntukan untuk anak bujang, juga terdapat ruang untuk berkumpul teman temannya.

- Ruang tamu utama, ruangan ini cukup besar, ruangan ini dipergunakan untuk menerima tamu, dan juga dipergunakan untuk berkumpul keluarga.

- Ruang tengah, pada ruang ini terdapat kamar tidur untuk anak gadis, serta kamar orang tua.

- Ruang belakang, pada ruang ini terdapat, dapur, ruang makan, serta keperluan untuk mencuci keperluan untuk memasak yang disebut gaghang.

Sedangkan untuk keperluan mencuci serta mandi, sebagian besar masyarakat Empat Lawang memanfaatkan sungai, sebagian masyarakat juga yang menyediakan tempat sendiri untuk MCK.

Biasanya tempat MCK ini terpisah jauh dengan bangunan utama, pada tempat ini terdapat sumur, wc serta tempat untuk mandi dan mencuci.

Pada ruangan bawah rumah, biasaya dimanfaatkan untuk gudang, ternak seperti ayam, bebek dan itik, juga digunakan untuk menyimpan kayu bakar.

Demikian sekilas mengenal cirri khas rumah panggung Empat Lawang, dan pada tulisan berikutnya akan menampilkan perkembangan rumah khas masyarakat Empat Lawang.

Artikel ini masih banyak kekurangannya, semoga bermanfaat.

1 Comment:

Budi Hartono said...

terima kasih telah berkunjung ke blog saya, saya mintak tolong posting lagi masalah rumah adat empat lawang lengkap dengan gambar detailnya.
saya sangat membutuhkannya.

terima kasih

Poto Anggota Komunitas L4L