Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Selasa, 14 Oktober 2008

Sekilas Tentang Pasemah Air Keruh

Seperti juga daerah lain di Sumatera Selatan, Pasemah Air Keruh adalah sebuah Marga, yang dikepalai oleh Pasirah, tediri dari dusun-dusun: Muara Sindang, Padang Bindu, Muara Aman, Muara Rungga, Padang Gelai, Air Mayan, Talang Randai, Nanjungan, Kebanjati, Penantian, Bandar Agung, Lawang Agung, Tanjung Beringin dan Talang Padang.

Masyarakat Pasemah Air Keruh terdiri dari orang-orang yang berasal dari daerah Tanjung Sakti (mayoritas), Ulu Musi/ Lintang dan Bengklulu Selatan.
Disebut Pasemeh Air Keruh, karena saat pertama kali ditemukan air sungainya terlihat sangat keruh.
Kata Pasemah/Besemah diambil dari kata "Besemah" untuk sebutan daerah Pagar Alam, Tanjung Sakti dan sekitarnya.
Pada waktu dihilangkannya sebutan Marga, Pasemah air Keruh berubah menjadi Kecamatan Perwakilan, kemudian akhirnya menjadi Kecamatan penuh, sekarang dengan terbentuknya Kabupaten Empat Lawang, sesuai dengan letak geografisnya, maka Pasemah Air Keruh masuk kedalam wilayah kabupaten Empat Lawang.
Daerah Pasemah Air keruh terkenal sangat subur dan merupakan penghasil kopi dan padi cukup besar di wilayah Kabupaten Lahat.

Pada masa perang gerilya melawan Belanda, Pasemah Air Keruh merupakan tempat persembunyian dan pertahanan yang sangat baik bagi pasukan TNI dibawah komando Bambang Utoyo, letaknya yang terpencil, namun menyediakan logistik yang cukup memadai bagi para pejuang.

Tradisi dan Adat istiadat daerah ini dulu sangat ketat, namun sekarang sudah mulai terpengaruh oleh budaya luar, baik secara langsung maupun melalui media masa.
Dulu orang sebelum menikah harus "Nunggu Tunang" dulu sampai setahun dan bila bujang gadis mau ketemu/pacaran harus datang malam hari, rame-rame, bawa gitar dengan lagu klasiknya,lewat pintu belakang/dapur, tapi sekarang sudah berpacaran seperti layaknya muda-mudi diperkotaan, tanpa malu, tanpa batas. Apakah ini yang dibilang modern..???

( Ditulis oleh : Edward Halimi)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L