Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Jumat, 02 Januari 2009

Petani Minta Saluran Irigasi ditingkatkan

PAIKER – Guna meningkatkan hasil produksi padi, masyarakat di lima desa dalam Kecamatan Paseman Air Keruh (Paiker) mengusulkan agar pembangunan jaringan irigasi yang mengairi sawah mereka dapat ditingkatkan lagi. Memasuki 2009 pihak kecamatan akan mengusulkan pembangunan semua saluran irigasi menjadi permanen.

’’Bila saluran irigasi dari Bendung Air Keruh (BAK) dibangun, sedikitnya 900 ha lahan dapat dikembangkan menjadi areal persawahan,’’ Demikian dikatakan Camat Pasemah Air Keruh Zulni SH kepada Empat Lawang Expres beberapa hari lalu.

Lebih lanjutnya dikatakan Zulni, dengan terjadinya pengembangan lahan persawahan ini nanti, dapat dipastikan produksi beras di daerah itu juga akan mengalami peningkatan. Saluran irigasi yang diusulkan untuk dibangun tersebut sepanjang lebih kurang 9 Km.

Menurutnya, saluran irigasi yang dibangun itu nanti akan mengaliri persawahan warga di lima desa masing-masing, Desa Tanjung Beringin, Pagar Jati, Penantian, Nanjungan dan Air Mayan. Selama ini, air dari irigasi memang sudah mengaliri sawah penduduk namun belum merata. ’’Sebagian sawah sudah menerima aliran air, namun masih banyak diantaranya masih kurang lancar dialiri airi irigasi,’’ jelasnya.

Tidak hanya mengusulkan pembangunan saluran irigasi yang melintasi lima desa ini saja, pihak kecamatan juga mengusulkan pembangunan serupa dari Bedung Lawang Agung (BLA).

’’Untuk saluran irigasi dari BLA kita usulkan peningkatan pembanguan saluran sepanjang lebih kurang 3 Km. Bila pembangunan saluran di daerah ini dilakukan juga akan berdampak untuk meningkatkan produksi beras, karena sedikitnya 300 ha lahan akan dibuka masyarakat,’’ jelasnya.

Masih menurut Zulni, pengembangan lahan sawah akan dilakukan bila saluran irigasi dapat mengairi lahan sawah yang akan dibuka penduduk. Lahan sawah yang akan dikembangkan terdiri dari lahan sawah tidak produktif dan lahan perkebunan kopi.(*)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L