Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Senin, 14 September 2009

HBA Agendakan Desa Wisata

TEBING TINGGI – Potensi wisata alam yang dimiliki Kabupaten Empat Lawang sangat menjanjikan dan tidak kalah dengan kabupaten lainnya. Pada sejumlah desa di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati memiliki potensi objek wisata yang dapat dikembangkan. “Wisata kita sangat menjanjikan, dan untuk pengembangannya kedepan akan dipotensikan salah satu desa yang ada sebagai desa wisata,” ujar Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) dalam sabutannya pada acara pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RT RW) awal pekan lalu.

Dijelaskan HBA. desa wisata dimaksud dapat dijadikan sebagai salah satu aset wisata dalam rangka promosi potensi daerah Kabupaten Empat Lawang. Sesuai dengan letaknya Empat Lawang berada di posisi yang sangat strategis karena telah memiliki akses yang dapat menjangkau setiap kabupaten tetangga bahkan provinsi tetangga. “Kalau potensi ini kita kembangkan maka dapat diyakini Empat Lawang dapat mudah dikenal berbagai daerah, dan akan menjadi salah satu tujuan utama masyarakat dalam kujungannya,” tambah HBA.

Untuk tekhnisnya, pemilihan desa yang akan dikembangkan sebagai desa wisata akan dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari setiap kecamatan yang ada. Selanjutnya dilakukan seleksi dengan mempertimbangkan potensi dan kondisi kultur kebudayaan desa tersebut.

“Dalam hal ini kita akan cari desa yang masih memiliki kebudayaan asli, dan potensi wisatanya bagus dan menjanjikan. Seperti masih memiliki rumah-rumah bangunan lama atau rumah panggung, areal persawahan dan perkebunan serta potensi lainnya,” jelas HBA.

Diceritakan, warga yang tinggal di perkotaan akan sangat tertarik dengan kondisi asli suatu daerah, apalagi jika dikemas dengan baik bentuknya maka akan lebih memancing minat para pengunjung. Seperti contoh, kebanyakan masyarakat kota sagat menyukai berlibur bersama keluarganya di daerah yang masih memiliki keaslian kulturnya, karena dapat merasakan secara langsung keindahan dari daerah tersebut.

“ Desa wisata ini bisa dijadikan objek wisata bagi para turis baik dari luar negeri ataupun dalam negeri, yang mana di Empat Lawang ini banyak sekali desa-desa sangat berpotensi untuk dijadikan desa wisata, misalnya di daerah Kecamatan Pasemah Air Keruh,Muara Pinang dan kecamatan yang lainya,” terang HBA.

Lanjut HBA di desa wisata ini para pengunjung atau turis bisa menikmati bagaimana kehidupan desa yang mana penuh ketenangan jauh dari kebisingan, sehingga bisa melepaskan kejenuhan rutinitas.

“ Para pengujung terutama anak-anak bisa langsung belajar bagaimana cara menanam padi disawah jadi mereka liburan sambil belajar mengenal alam,kita juga telah merencankan pembuatan aut bond, dan membuat arung jeram karena sungai kita sangat berpotensi untuk dijadikan rute untuk arung jeram,” papar HBA.

“Untuk di Empat Lawang kita memiliki banyak potensi tersebut, dan sudah menjadi tugas kita untuk mengembangkannya sebagai langkah pengembangan Empat Lawang,” imbuhnya.

Dengan adanya objek wisata unggulan di Empat Lawang, dapat memberikan kontribusi positif bagi seluruh masyarakat Empat Lawang terutama warga yang berada di daerah tersebut.

“Akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, dengan pemanfaatanya secara positif,” pungkasnya.(*)

1 Comment:

Zuse MarafaYunianto said...

info bagus (http://beritanyata.blogspot.com/)

Poto Anggota Komunitas L4L