Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Kamis, 05 Juli 2007

Lintang Kayo rayo

- Gambar Kebon Kawo didusun -

Tebentuk o Lintang nyadi kabupaten baru dengan namo Kabupaten Empat Lawang, otomatis ngenjuk harapan baru bagi jemo-jemo Lintang baek nyo di dusun maupun di rantau. Harapan itu adolah harapan untuk hidup lebih maju di bidang perekonomian, pendidikan, politik ngan keamanan.

Namun, untuk mencapai mendapatkan kemajuan itu, Jemo Lintang dituntut bekerjo keras, bejuang, ngan bekorban. Bentuk pengorbanan itu macam-macam: tenago, pikiran, ngan dana.


Nyo perlu dicatat oleh seluruh Jemo Lintang bahwa perjuangan nedo pacak dilakoni oleh sughang duo jemo Lintang, tapi harus ado gerakan terpadu. Saling dukung ngan saling ngenjuk motivasi. Saling bekerjo samo antaro nyo ado pemikiran, nyo ado duit, ngan nyo ado tenago.

Bagi nyo katek duit tapi ado ide, dio nyumbangkan pemikiran lok mano caro memajukan daerah Lintang, jalan mano nyo pacak ditempuh. Sedangkan nyo ado duit, dio bejuang ngunokan duit untuk mewujudkan ide tadi. Nah, bagi nyo katek duit sekaligus katek ide, dio pacak nyumbang tenago. Itua namonyo kerjosamo.

Sebenaro sebelum Empat Lawang nyadi kabupaten potensi untuk maju bagi jemo Lintang la ado di depan mato. Berdasarkan pengalamanku di rantau sumber daya alam Lintang Empat Lawang luar biaso. Kito pacak ngembangkan perkebunan, perikanan, pertanian, ngan transportasi.

Potensi pertanian nyo digarap antaro lain berupo sawah seluas 9.172 hektar (ha), ladang (592 ha), kedelai (327 ha), kacang hijau (49 ha), kacang tanah (116 ha), jagung (253 ha), ubi kayu (144 ha), dan ubi jalar (33 ha). Selain itu, perkebunan rakyat di antaronyo karet (716.074 ha), kopi (59.760 ha), kemiri (939,5 ha), kelapa (693,75 ha), dan pinang (538,3 ha).

Nyo nyadi masalah, penggarapan perkebunan ngan pertanian jemo kito maseh tradisional. Belum ado inovasi maupun mekanisasi. Jemo kito sebagian besak maseh beprinsif "nyo penting aku besawah atau bekebun" atau "dapat hasil diket jadilah". Nah ini, prinsif atau semboyan nyo melambangkan jemo malas itu maseh membudaya di kalangan jemo lintang di dusun. Kultur lok itu harus diubah atau dibentuk ngan kultur baru nyo lebih progresif, berpandangan jauh ke depan, galak belajagh, pacak nerimo kelebihan jemo lain.

Contoh potensi nyo belum tegarap secaro maksimal sampai saat ini, yakni batang ayik (sungai) nyo banyak di daerah Lintang. Misal o ayik Musi, ayik Kembahang di Talangpadang, ayik Deghas, ayik Lintang atau Tebat Seghut di Gunung Merakso Baru dll.

Aku pernah jalan-jalan di Jawo Barat ngan Jawo Timur nginaki jemo piaro ikan di batang sungai (ayik) pakai keramba. Hasil o luar biaso. Itu namonyo inovasi. Jemo di situ nedo agi ngandalkan nangkap ikan pakai jalo, jaring ngan pancing Tapi la melakukan budidaya dalam keramba. Dipandang jak di segi kelestarian habitat ikan ini cocok, dan dipandang jak di segi efisiensi ngan ekonomi juga sangat cocok. Ini caro budidaya nyo modern. Nedo perlu ngapling bada libagh-libagh, nyo penting perawatano intensif, hasil o pasti tinggi.

Kalu la ado contoh lok itu tinggal agi jemo kito Lintang galak belajagh apo nedo? Itu pertanyaano. Kuraso bukan pertanyaan galak apo nedo belajagh, tapi harus ado nyo memotivasi terjun langsung ke masyarakat. Nah, sapo nyo betugas memotivasi ini? Pacak pemerintah setempat, pacak pulo LSM nyo didukung dana oleh pemerintah.

Kalu potensi itu pacak digarak serius, dijamin Kabupaten Empat Lawang pacak nyadi pemasok ikan air tawar paling besak di Sumsel.

Maseh soal ayik (sungai), potensi lain nyo belum kembangkan transportasi air di ayik Musi. Transportasi ini pacak menempuh rute Pendopo - Tebingtinggi - Lubuklinggau - Palembang dan sebaliko.

Itu baru jak di segi potensi perairan ngan perikanan, belum agi potensi daratan baek itu perkebunan maupun pertanian.

Perkebunan kawo di daerah kito jugo belum digarap maksimal. Maseh asal-asalan. Asal jadi. Kalu digarap secaro profesional dengan manajemen perkebunan, hasil kawo daerah kito pacak meningkat di segi kualitas maupun kuantitas. Lagi pulo, daerah perkebunan nyo dikelola secara profesional pacak dijadikan objek wisata alam. Ini jugo dapat menghasilkan duit bagi warga setempat.

Kalu ado keseriusan mengelola perkebunan kawo itu, Pemda Kabupaten Empat Lawang pacak bekerjo samo ngan perusahaan-perusahaan perkebunan. Untuk pembinaan kualitas kawo Pemda bekerjo samo ngan Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI). Organisasi ini nyimpan dana triliunan untuk pembinaan petani kopi.

Maseh banyak potensi lain nyo perlu inovasi dan pengembangan di daerah kito Lintang, lok peternakan. Peternakan samo sekali belum ado sentuhan, padohal potensio luar biaso. Aku tegingat waktu kecik sebelum tahun 70-an, tiap dusun jemo ngingon sapi, jumlah o pacak nyampai ratusan per dusun. Sapi-sapi itu diliarkan. Beternak sapi caro ini maseh dikembangkan jemo OKI di daerah Beringin, paghak Prabumulih. Kebetulan aku pernah lalu di daerah itu, sapi-sapi mebar di dusun itu. Kalu malam sapi-sapi itu tiduk di jalan aspal atau di bawah uma jemo.

Untuk sementaro ini itu bae sumbangan pemikiran jakdi aku, lain kali kalu ado kesempatan aku nulis agi.

( Di tulis oleh Abdul Madjid ) dari Millis lintang-iv-lawang

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L