Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Jumat, 21 November 2008

Alex Noerdin Terima Penghargaan Ing Ngarso Sung Tulodo

Penghargaan diberikan atas perhatian Pemprov Sumsel terhadap perguruan swasta. Sumsel menjadi provinsi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menerima penghargaan Ing Ngarso Sung Tulodo (yang di depan memberi contoh) dari Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Pusat. Penghargaan diberikan karena provinsi Sumsel dinilai paling peduli terhadap perguruan swasta.

Penghargaan ini diserahkan langsung Ketua BMPS Pusat Fathoni Rodli kepada Alex dalam rangkaian acara ulang tahun ke-37 BMPS di Aula Bumi Patra Indramayu, Sabtu (15/11).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Dwi Priyono didampingi Sekretaris Tarmizi Mairu, Selasa (18/11), di ruang kerjanya, provinsi Sumsel menjadi provinsi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dianugerahi penghargaan tersebut.

Dwi menjelaskan, penghargaan tersebut diterima Pemprov Sumsel karena dinilai sangat peduli terhadap perguruan swasta, terutama dengan alokasi dana bantuan dari APBD yang diperuntukkan bagi peningkatan pendidikan di perguruan swasta.

Hal ini membuktikan bahwa Pemprov Sumsel telah melaksanakan ketentuan dalam UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) dan UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Pemprov Sumsel telah melihat bahwa antara Perguruan Negeri dan Perguruan Swasta adalah sama.

”Kami harap dengan diterimanya penghargaan ini dapat meningkatkan prestasi provinsi Sumsel di bidang pendidikan. Selain itu, hal ini dapat memberikan motivasi bagi daerah lain untuk dapat melakukan hal yang sama,” ujar Dwi.

Kepedulian Sumsel pada dunia pendidikan di perguruan swasta terlihat dari besarnya bantuan pemerintah kepada pihak yayasan sekolah swasta. Diantaranya, adanya bantuan honor guru sebesar Rp250 ribu perbulan dan bantuan siswa miskin sebesar Rp25 ribu perbulan.

Dikatakan Dwi, Sumsel merupakan satu-satunya provinsi yang meraih penghargaan itu. Selain itu ada dua kota yakni Kota Batam dan Depok serta satu kabupaten yakni Indramayu yang juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Sementara itu, Ketua BMPS Sumsel Anwar Malik yang dihubungi melalui ponselnya mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk ucapan terima kasih dari BMPS pusat kepada pemerintah daerah atas perhatiannya kepada perguruan swasta. Karena, pemprov sudah membantu perguruan swasta sehingga dapat merealisasikan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan amanat UUD 1945.

Dipaparkan Anwar, sepanjang tahun 2008, Pemprov Sumsel telah mengalokasikan dana untuk bidang pendidikan dalam jumlah yang relatif besar. Diantaranya adalah bantuan beasiswa untuk siswa miskin sebesar Rp38 miliar, bantuan untuk kesejahteraan guru swasta lebih dari Rp26 miliar, bantuan operasional yayasan swasta sekitar Rp9 miliar, bantuan untuk pondok pesantren Rp10 miliar dan lain-lain.

“Untuk tahun 2008 ini total bantuan dari Pemprov Sumsel kepada perguruan swasta diperkirakan sebesar Rp300 miliar. Secara nasional, jumlah bantuan ini dinilai paling besar dan ini tidak dilakukan oleh provinsi lain,” papar Anwar.

1 Comment:

faris_antoni said...

dapat penghargaan selamat untuk daerah sumsel
salam kenal

Poto Anggota Komunitas L4L