Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Senin, 29 Desember 2008

Kades di Empat Lawang Tak Miliki Kantor

EMPAT LAWANG Masyarakat di Kabupaten Empat Lawang nampaknya memang betul-betul dianaktirikan oleh Pemerintah Kabupaten Lahat sebelum terjadinya pemekaran lalu. Betapa tidak, hampir seluruh Kepala Desa (Kades) di daerah ini tidak memiliki kantor desa.

Untuk melayani masyarakat, para kades didaerah ini terpaksa harus menggunakan rumah tempat tinggal mereka. ”Karena tidak ada kantor kita terpaksa melayani masyarakat di rumah,” demikian ungkap Kepala Desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Deviansyah beberapa waktu lalu.

Menurut Devi, selama masih dibawah naungan Kabupaten Lahat lalu desa-desa yang ada di Kabupaten Empat Lawang memang terkesan dianaktirikan. Tidak hanya kantor kades yang tidak dibangun, akan tetapi berbagai pembangunan lainnya kurang mendapat perhatian. ”Kita berharap dengan telah menjadi kabupaten defenitif sekarang ini, semua kebutuhan masyarakat di pedesaan akan mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah,” harapnya.

Menyikapi tidak adanya kantor kades tersebut, Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri SE MM siap untuk menganggarkan dana untuk pembangunan fasilitas kantor kades tersebut. ‘’Akan kita usahakan kedepan para Kades memiliki kantor sendiri di desanya masing-masing, dan Insya Allah secepatnya akan kita anggarkan,’’ ujarnya.

Menurut HBA, para Kades memang perlu memiliki kantor. Karena dengan adanya kantor, warga yang hendak berurusan dengan para kades akan dapat lebih lancer. Disamping itu, para kades juga bias aktif menjalankan rutinitas kerja di kantor.

Diakuinya, selama ini para kades di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini masih menjalankan aktifitas kantor dirumah. ‘’Masyarakat yang berurusan terpaksa dilayani di rumah. Hanya saja kalau untuk melakukan pertemuan antar desa masyarakat masih mengadakan dib alai desa yang ada,’’ katanya.

Masih menurut HBA, untuk memberikan perhatian kepada para kades pihaknya juga telah menganggarkan pemberian kendaraan roda dua berupa motor kepada pada kades. ”Pada 2009 ini telah kita anggarkan dana untuk pembelian motor bagi para kades,” jelasnya.

Pemberian motor ini, katanya merupakan salah satu upaya Pemkab Empat Lawang untuk membantu kelancaran tugas para kades dalam menjalankan roda pemerintahan di level desa. ”Dengan ada motor, para kades tidak lagi mengalami kesulitan untuk menjalankan tugas sehari-hari,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kabupaten termuda di Sumsel ini berharap kepada para kades yang nantinya akan mendapat motor, agar betul-betul menjalankan tugas dengan baik.(sf)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L