Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Jumat, 12 Desember 2008

Pemkab Empat Lawang Siapkan Rp2 M Untuk Sekolah Gratis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang bakal mengalokasi dana sebesar Rp2 Milyar untuk pendidikan gratis. Dana tersebut diterapkan guna menerapkan kebijakan pendidikan gratis mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

‘’Program tersebut akan direalisasikan pada tahun anggaran 2009 dan berlaku sejak tahun ajaran baru Juli 2009, menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Empat Lawang melalui pos pendidikan,’’ demikian ujar Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri SE MM (HBA) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H Eduar Kohar beberapa waktu lalu.

Menurut Eduar, anggaran tersebut akan diberikan dalam bentuk bantuan ke setiap sekolah, dengan masing-masing tingkatan. Untuk SD sebesar Rp5 ribu per siswa, SMP dan SMA masing-masing Rp10 ribu per siswa untuk setiap bulannya.

’’Dana yang kita salurkan guna membantu biaya sekolah siswa seperti halnya SPP,’’ ujarnya.

Diakuinya, dana yang dialokasikan memang masih minim untuk merealisasikan program pendidikan gratis, mengingat biaya yang dikeluarkan siswa jauh lebih besar. Untuk itulah, Pemkab Empat Lawang telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk menutupi kekurangan biaya pendidikan tersebut.

Dijelaskannya, dari hasil kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi Sumsel, setiap siswa SD dialokasikan sebesar Rp40 ribu dengan pembagian Rp5 ribu berasal dari APBD Kabupaten Empat Lawang dan Rp10 ribu bersumber dari APBD Provinsi dan sisanya berasal dari dana BOS.

Sedangkan untuk siswa tingkat SMP dialokasikan dana sebesar Rp60 ribu dengan rincian dari dana APBD kabupaten sebesar Rp10 ribu, APBD Provinsi sebesar Rp15 ribu dan sisanya diambil dari dana BOS. Sementara itu untuk tingkat SMA, katanya untuk masing-masing siswa dialokasikan sebesar Rp80 ribu dengan rincian APBD kabupaten sebesar Rp10 ribu dan sisanya dari APBD Provinsi.(sf)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L