Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Kamis, 05 Februari 2009

Bupati Ikut Bersihkan Pasar

EMPAT LAWANG - Demi terciptanya lingkungan yang bersih, sehat, dan indah, Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Salah satu program rutinitas yang perlu digalakkan yakni Gerakan Jum’at Bersih.

Bupati bersama seluruh unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta Tim Penggerak Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Empat Lawang, Jumat lalu terjun langsung ke pasar Tebing Tinggi dan turut serta membersihkan sampah dan rumput liar yang ada di sekitar areal Pasar Tebing Tinggi.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi rangsangan kepada masyarakat guna dapat berperilaku hidup bersih dan sehat. Bagaimana mau hidup sehat, jika lingkungan sekitar kita saja kotor,” ujar Bupati kepada Empat Lawang Expres usai menutup acara di halaman Kantor Kepolisian Tebing Tinggi yang diteruskan langsung dengan kegiatan bersih-bersih.


Dijelaskannya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali, dengan mengajak seluruh satuan dinas dan masyarakat sekitar. Mengenai jadwal yang pastinya, akan ditentukan pada Minggu keberapa yang cocok untuk dilaksanakan kegiatan Jum’at bersih. “Jum’at ini yang pertama kita lakukan dalam bulan ini. Dan seterusnya akan dilakukan tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal di sekretariat,” ucapnya.

Sayangnya, cuaca pada hari itu juga kurang bersahabat, hujan gerimis yang turun tidak hentinya membasahi sebagian kawasan bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini. Namun, Bupati memberikan semangat dan arahan kepada seluruh yang hadir pada acara tersebut, untuk tidak patah semangat dengan keadaan tersebut.


Usai membawakan pidatonya, Bupati pun langsung mengajak seluruh undangan yang hadir untuk segera melakukan pembersihan yang dimulai dari sekitar areal pasar sampai persimpangan rumah dinas Bupati. “Insyaallah, 2009 dan seterusnya nanti kawasan Empat Lawang sudah terbebas dari sampah,” ujarnya.

Pembersihan pun dimulai, Bupati beserta rombongan yang lain mulai membersihkan satu per satu sampah yang berserakan. Rombongan yang lain pun tak mau kalah, tong-tong sampah yang sudah penuh pun diangkut dengan menggunakan mobil pengangkut sampah. Dengan berjalan kaki, para rombongan tersebut keliling setiap sudut kawasan pasar.

Tampak para satuan Dinas Perhubungan yang sibuk mengatur jalur lalu lintas yang macet akibat banyaknya kendaraan yang diparkir tidak pada tempatnya, dan juga kebanyakan mobil ditinggalkan sopir dengan kondisi pintu mobil terkunci. Tak pelak, kemacetan pun tak dapat dihindari. Namun, dengan sigapnya, para satuan Dinas perhubungan yang diperbantukan satuan Polisi Pamong Praja turut serta menertibkan kendaraan yang menimbulkan macet. Tidak berapa lama, jalur pun kembali lancar.


Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kebersihan, Pertamanan dan Pengelolaan Pasar, Mahdor yang diwawancarai Empat Lawang Expres disela kegiatan kebersihan mengungkapkan, kegiatan tersebut disambutnya dengan antusias. Menurutnya, dengan kegiatan positif tersebut, Kabupaten Empat Lawang EMASS bakal dapat terwujud dengan baik.

”Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pengelolaan Pasar pun siap menjadi unjuk tombak kegiatan Jum’at Bersih ini. Diharapkan pula masyarakat dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang tertib, bersih dan sehat,” harapnya.

Sementara itu sehari sebelumnya, pembersihan kawasan pasar telah dilakukan jajaran Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pengelolaan Pasar Empat Lawang yang dipimpin langsung Mahdor SH.


Tong Sampah

Dalam waktu dekat Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pengelolaan Pasar dalam waktu dekat akan membagikan sedikitnya 400 tong sampah kepada masyarakat.

Pembagian tong sampah ini, menurut Mahdor SH bertujuan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. ’’Dalam waktu dekat 400 tong sampah tersebut akan kita bagikan kepada masyarakat,’’ ujarnya.

Untuk tahap awal, pihaknya akan meletakkan tong sampah di sepanjang jalan protokol. Kedepan, barulah pihaknya akan meletakkan tong sampah di setiap rumah penduduk di Kabupaten Empat Lawang.

Dengan adanya pembagian tong sampah ini nanti, Mahdor berharap kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarang tempat. “Kita harapkan kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah Kabupaten Empat Lawang demi terciptanya Empat Lawang sebagai kawasan dengan lingkungannya yang bersih dan sehat,” harapnya.(*)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L