Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Senin, 02 Maret 2009

PTM Pendopo Dengan Konsep Semi Modern

EMPAT LAWANG – Program demi program di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini mulai diwacanakan, bahkan segala aspek pembangunan yang menyentuh langsung ke masyarakat mulai dianggarkan dalam upaya merealisasikan Empat Lawang EMASS (Ekonomi Maju Aman Sehat Sejahtera). Kedepan, Pemkab Empat Lawang berencana membangun Pasar Tradisioanal Modern ( PTM ) Pendopo dengan konsep rancangan semi modern,.

Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri mengatakan pembangunan pasar Pendopo akan melibatkan pihak konsultan agar dalam pelaksanaannya memuaskan bagi masyarakat, serta segi arsitektur dapat menempatkan para pedagang dengan lebih teratur sehingga memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli.

“Pembangunan PTM ini, untuk mendukung Pendopo sebagai salah satu pusat ekonomi yang menjadi penunjang di Empat Lawang, sebagai pasar terbesar kedua setelah pasar Tebing Tinggi artinya kita tidak akan ragu menggelontorkan dana besar untuk kepentingan masyarakat Pendopo dan sekitarnya,” ujarnya.

Menurut Bupati, selama ini sebagaian masyarakat Muara Pinang, Paiker dan Ulu Musi sering melakukan kegiatan jual beli di Pagar Alam. Mungkin hali ini karena alasannya karena selama ini kegiatan pasar berpusat di kota Tebing Tinggi sedangkan jarak tempuh kota Tebing Tinggi dengan kecamatan lainnya cukup jauh selain itu kota Pagar Alam dirasakan cukup dekat. Namun persepsi itu dapat diubah dengan menjadikan Pendopo sebagai pusat perbelanjaan semi modern. Sehingga kedepan menjadi alternatif dalam bertransaksi hasil bumi tidak hanya di kota Tebing Tinggi atau kota tetangga “Kan sayang kalau transaksi harus ke kota tetangga, kalau bisa rotasi nilai pendapatan masyarakat tidak keluar,” tutur HBA

Rencananya PTM Pendopo akan dianggarkan sebesar Rp 10 miliar yang termasuk dalam APBD 2009, pembangunan ini sendiri dilakukan dalam dua tahap pembangunan masing – masing Rp 5 miliar.

Ia berharap tahun ini juga Pasar PTM di Pendopo sudah dilaksanakan dan pada 2010 sudah dapat beroperasi, dengan demikian maka keinginan menjadi kota pendopo sebagai kota pendamping Tebing Tinggi dapat terwujud.

“Kita berharap ke depan selain kota Tebing Tinggi sebagai pusat Pemerintahan dan Ekonomi dapat ditunjang dengan adanya pembangunan PTM Pendopo ini sehingga masyarakat sekitarnya melaksanakan semua transaksi atau kegiatan jual beli terpusat di kota Pendopo dan selanjutnya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian Kabupaten Empat Lawang,” pungkas HBA.

Dari hasil investigasi Empat Lawang Expres di pasar Pendopo, para pedagang umumnya berharap pembangunan PTM tersebut segera direalisasikan. Hal ini mengingat kondisi bangunan pasar yang ada saat ini sudah tidak layak lagi untuk digunakan sebagai tempat bertransaksi jual beli.(sf)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L