Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Jumat, 06 Maret 2009

Sukadana Miliki Wisata Air Terjun

SUKADANA – Desa Sukadana, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, ternyata menyimpan kekayaan alam yang cukup menjanjikan. Salah satunya obyek wisata Air Terjun Curup Embun dan Danau Tebat Sekedi, yang terletak sekitar 10 Km dari Desa Sukadana.

Namun sayang, masyarakat yang hendak menikmati obyek wisata tersebut masih kesulitan untuk menjangkaunya dengan mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat. Hal ini lantaran akses jalan menuju obyek wisata tersebut masih kurang memadai.

Untuk mengembangkan potensi wisata tersebut, pada 2009 ini Kepala Desa (Kades) Sukadana, Hermanto mengusulkan pembangunan jalan sepanjang 12 Km menuju obyek wisata Air Terjun Curup Embun dan Danau Tebat Sekedi.

’’Kalau jalan dibangun, masyarakat akan lebih mudah menjangkau lokasi obyek wisata air terjun dengan menggunakan berkendaraan,’’ ujar Manto –begitu sapaan akrabnya-.

Air Terjun Curup Embun dan Danau Tebat Sekedi selama ini ramai dikunjungi masyarakat baik dari Kabupaten Empat Lawang maupun masyarakat Pagaralam dan Bengkulu. ’’Hanya saja karena kondisi jalan menuju kesana masih belum bagus, terkadang membuat masyarakat sungkan untuk berkunjung,’’ jelasnya seraya menjelaskan kalau selama ini jalan yang ada berupa jalan setapak yang dibangun masyarakat secara swadaya.

Dikatakan Manto, bila akses jalan tersebut dibangun masyarakat yang memiliki lahan perkebunan kopi di sekitarnya akan lebih mudah untuk mengangkut hasil bumi perkebunan kopi di sekitar lokasi obyek wisata. ’’Areal perkebunan kopi masyarakat di sekitar obyek wisata tersebut mencapai ribuan hektar, bila jalan sudah bagus masyarakat akan lebih mudah mengangkut hasil bumi mereka,’’ ujar Manto.

Demi untuk memajukan pembangunan di desanya, Manto juga telah mengusulkan pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Desa Sukudana dengan areal perkebunan kopi warga di seberang Sungai Air Karang.

Selama ini, menurut Manto masyarakat yang hendak pergi ke kebun di seberang desa terpaksa menyeberang dengan menggunakan cara seadanya. ’’Kalau sungai kecil warga masih bisa menyeberang dengan berjalan kaki, tapi kalau sungai meluap terpaksa tidak bisa ke kebun,’’ ujarnya. Dengan dibangun jembatan gantung itu, katanya masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan untuk menyeberang menuju perkebunan kopi.(ss)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L