Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Kamis, 05 Maret 2009

Tambang Emas Akan Dieksplorasi

EMPAT LAWANG – Tambang emas di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati mulai dilirik investor dari Australia. Dalam waktu dekat, pihak investor dari PT Perisai Prima Utama akan segera melakukan eksplorasi dan eksploitasi di Empat Lawang.

Saat pihak perusahaan hanya tinggal menunggu izin kontrak kerja yang akan dikeluarkan oleh Dirjen Mineral dan Batubara Pusat. Karena untuk mengeluarkan izin tidak hanya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

’’Saat ini pihak perusahaan yang akan melakukan penambangan tinggal menunggu izin kontrak kerja dari Dirjen Mineral dan Batubara. Jika izin sudah keluar mereka dapat segera melakukan penambangan,’’ demikian dikatakan Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri SE MM (HBA) melalui Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Empat Lawang, Drs M Thamrin Muis kepada Empat Lawang Expres, akhir pekan lalu.

Menurut Thamrin, karena luas lahan tambang emas di Empat Lawang hanya cukup untuk digarap oleh satu perusahaan, maka penambangan hanya akan dilakukan oleh PT Perisai Prima Utama yang merupakan perwakilan PT Berik perusahaan dari Australia.

Dijelaskannya, luas areal tambang emas yang terdata saat ini sekitar 230.400 hektar yang mencakupi dua kabupaten di Sumsel yaitu Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, sedangkan dua kabupaten lagi masuk ke dalam provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten Seluma dan Kabupaten Kaur. ”Jadi untuk lokasi penambangan emas itu bukan hanya di Kabupaten Empat Lawang saja tapi juga ada di daerah lain,” ungkapnya.

Namun, katanya luas areal kemungkinan akan dikecilkan lagi karena berdasarkan Undang-undang No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan Batubara, batas maksimun izin penambangan hanya 100 ribu hektar. ”Kalau berdasarkan undang-undang yang lama izinnya bisa lebih dari 100 ribu hektar, tapi sekarang sudah ada undang-undang yang baru, jadi kemungkinan akan menggunakan undang-undang baru,” terangnya.(sf)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L