Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Senin, 07 September 2009

Paiker Penyumbang Beras Terbesar

4L Surplus Beras 17 Ribu Ton

TEBING TINGGI – Cita–cita pemerintah untuk menjadikan Empat Lawang sebagai daerah lumbung beras, bisa saja tercapai. Hal ini terbukti dengan adanya surplus (kelebihan,red) beras yang mencapai 17 ribu ton. Bahkan bisa lebih jika dihitung hingga akhir 2009 nanti.

Sebagai gambaran, tahun 2008 lalu, kabupaten termuda di Sumsel ini surplus beras hingga 13.336 ton. Jika dibandingkan dengan sekarang berarti terjadi peningkatan yang cukup baik dalam produksi beras setiap bulannya. “Terjadi peningkatan yang cukup menjanjikan, mudah-mudahan bisa terus bertambah dan bisa lebih baik lagi,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan, Pertanian dan Peternakan, Tirta Jaya Junahar, saat dibincangi Empat Lawang Expres beberapa hari lalu.

Tirta mengatakan, surplus beras di Kabupaten Empat Lawang terjadi hampir di semua kecamatan dari tujuh kecamatan yang ada. Namun, Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) menjadi penyumbang beras terbesar. Selain itu, dua kecamatan masing-masing Kecamatan Pendopo dan Kecamatan Lintang Kanan, juga menjadi penyumbang beras terbesar kedua dan ketiga di Empat Lawang.

“Surplus beras terjadi di semua kecamatan, Paiker menjadi penyumbang terbesar di Empat Lawang,” ujarnya, seraya menambahkan pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk terus meningkatkan produksi beras dengan berbagai program yang akan mereka terapkan. Salah satu cara yang akan dicoba untuk peningkatan produksi beras, antara lain dengan pengembangan irigasi 2010 nanti.

Pengembangan irigasi tersebut, untuk menambah produksifitas tanaman padi, serta diharapkan mampu meningkatkan hasil persawahan dan menjaga areal persawahan agar tetap bisa beroperasi, meskipun dilanda musim kemarau. “Dengan pengembangan irigasi yang lebih modern, hasil produksi padi dari petani bisa terus ditingkatkan menjadi lebih banyak lagi.

Dijelaskannya, rencana pemerintah Empat Lawang untuk swasembada beras, bisa saja terwujud dengan perencanaan, pengembangan dan pengelolaan persawahan yang baik dan benar. Namun, hal tersebut diperkirakan bisa tercapai 2010 hingga 2012 nanti. “Rencana swasembada beras bisa saja tercapai, namun harus bertahap, tidak bisa secara langsung. Diperkirakan hingga 2012 nanti, kita baru bisa swasembada beras,” jelasnya.(*)

1 Comment:

new inbox said...

semoga indonesia dpt terus mencapai swasembada beras untuk masa yg akan dtg..

Poto Anggota Komunitas L4L