Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Jumat, 30 Oktober 2009

Oknum Satpol-PP Sering Mangkal di Kafe

TEBING TINGGI – Menyikapi banyaknya laporan masyarakat yang menyebutkan adanya oknum anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang sering keluyuran dan mangkal di kafé di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan sekitarnya, mendapat tanggapan serius dari Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Kabupaten Empat Lawang, Madani Sidik. Dengan tegas, pria yang dikenal cukup dekat dengan bawahannya ini menyatakan kalau akan menindak tegas anggotanya bila memang terbukti dan ketahuan sering mangkal di kafe.

“Semua anggota Satpol-PP yang ada akan kita bina, jika laporan masyarakat tersebut terbukti, maka oknum tersebut akan kita sanksi tegas,” ungkap Madani, kepada Empat Lawang Expres, awal pekan lalu.

Pihaknya sama sekali tidak mengetahui jika anak buahnya sering memberikan contoh yang tidak baik, seperti mabuk-mabukan dan nongkrong di cafe-café yang ada di sekitar Tebing Tinggi. Kedepannya, mereka akan melakukan pembinaan secara kontinue terhadap anggota Satpol-PP. “Laporan dari masyarakat akan kita tindak lanjuti, untuk kebaikan kita bersama. Selain itu, dalam waktu dekat ini akan diadakan pelatihan khusus, untuk meningkatkan kinerja yang anggota Satpol-PP,” ujarnya.Sebagai kesatuan penegak Perda, sudah selayaknya anggota Satpol-PP memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat bukan sebaliknya. Baik pada jam dinas maupun diluar jam dinas. Seperti halnya seorang guru terhadap muridnya, yang dituntut memberikan tauladan di sekolah maupun luar sekolah.

“Kita juga berharap, segenap anggota Satpol-PP bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Mereka harus bisa menjaga nama baik kesatuan,” jelasnya.

Beberapa anggota Satpol-PP Kabupaten Empat Lawang yang sempat dibincangi Empat Lawang Expres, membenarkan adanya beberapa oknum anggota Satpol-PP sering nongkrong di kafé tersebut. Baik di daerah Tebing Tinggi maupun di wilayah Kikim, Kabupaten Lahat. Beberapa diantara mereka juga mengaku, pernah ke daerah tersebut hanya sekedar untuk menghilangkan kejenuhan.

“Saya dan beberapa teman lainnya memang pernah main ke café, namun tidak setiap malam. Hanya sekedar iseng dan menghilangkan kepenatan sehabis kerja. Kami juga pernah bertemu dengan oknum PNS, yang sedang mabuk di dalam café tersebut,” ungkapnya, seraya meminta namanya tidak dipublikasikan.

Evaluasi

Sementara itu untuk meningkatkan kinerja seluruh anggota Satpol-PP Kabupaten Empat Lawang, khususnya yang mendapatkan tugas di kecamatan-kecamatan yang tersebar di tujuh kecamatan yang ada, Kasatpol-PP Madani Sidik beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke setiap kecamatan yang ada.

“Kunjungan yang dimaksud, untuk meningkatkan kinerja anggota Satpol-PP yang bertugas di kecamatan. Mereka jauh dari pengamatan kita, makanya harus ditinjau secara rutin,” ungkapnya.

Menurut Madani, anggota Satpol-PP yang bertugas di kecamatan bukan hanya diberi tugas menjaga kantor camat saja. Melainkan harus menjaga setiap keamanan yang berada di wilayah kecamatan, masing-masing mereka bertugas sesuai dengan perintah dan arahan dari Camat.

“Sesuai dengan permintaan dan kebutuhan yang ada, kita mengirimkan beberapa orang anggota Satpol-PP ke setiap kecamatan. Mereka mengemban tugas yang sama dengan anggota lainnya, menjaga keamanan dan ketertiban di tempat mereka bertugas,” ujarnya.

Dijelaskannya, anggota Satpol-PP kabupaten Empat Lawang tersebar di seluruh kecamatan yang ada. Masing-masing kecamatan mendapatkan jatah 10 orang anggota Satpol-PP, yang bertugas menjaga keamanan kantor camat serta beberapa tempat yang dianggap perlu mendapatkan penjagaan.

“Kita sudah mengirimkan utusan anggota Satpol-PP, ke setiap kecamatan. Terserah kebijakan camat, untuk memberikan tugas terhadap mereka. Mekanisme kerja mereka di kecamatan, juga bukan wewenang kita lagi, melainkan wewenang dari camat,” jelasnya.

Masih menurut Madani, Evaluasi terhadap kinerja anggota Satpol-PP yang bertugas di kecamatan, akan terus dilakukan secara rutin setiap bulannya. Hal tersebut dianggap penting untuk peningkatan kinerja serta memantau perkembangan dan keadaan mereka masing-masing.

“Selain mendapatkan laporan dari komandan regu (Danru) masing-masing, kita juga harus meninjau langsung ke lapangan. Sebab, tidak menutup kemungkinan terjadi masalah yang tidak diketahui oleh Kasat Pol-PP,” paparnya, seraya menambahkan, pihaknya juga selalu memantau perkembangan anggota Pol-PP lainnya, seperti yang bertugas di rumah dinas, kantor-kantor dan siaga. “Semua anggota Pol-PP se-Kabupaten Empat Lawang, tetap mendapatkan pengawasan, guna meningkatkan kinerja mereka sebagai penegak perda,” tambahnya.(*)

1 Comment:

bisnis online said...

wew itu tuh oknum oknum yang seperti itu yang harus di brantas bukannya kasih contoh yang bener malah macam macam kelakuannya

Poto Anggota Komunitas L4L