Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Senin, 09 November 2009

Empat Lawang Rawan Longsor

TEBING TINGGI – Memasuki musim penghujan, sejumlah titik jalan provinsi di wilayah Kabupaten Empat Lawang, rawan terjadi longsor. Puluhan titik rawan longsor tersebar antara jalan Provinsi Tebing Tinggi-Talang Padang-Tanjung Raya Pendopo serta Pendopo-Ulu Musi. Kondisi ini acap kali menjadi menjadi penghambat kelancaran lalu lintas bagi para pengguna jalan yang setiap harinya melintasi daerah tersebut.

Berdasarkan data yang ada di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Empat Lawang, di kawasan jalan provinsi tersebut hampir setiap tahun dilanda longsor. Perbaikan terkadang lamban dilakukan, lantaran minimnya alat berat yang dapat difungsikan untuk menanggulangi longsor. Saat ini hanya beberapa alat berat yang sedang mengerjakan proyek, yang menjadi penolong saat terjadinya longsor.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ismail, melalui Kabid Bina Marga, Rudinsi, Rabu lalu. Menurutnya, beberapa lokasi di Kabupaten Empat Lawang, memang masih menjadi ancaman rawan longsor. Seperti di Desa Lubuk Gelanggang, Kecamatan Tebing Tinggi, Desa Kembahang Baru, Kecamatan Talang Padang, serta beberapa titik antara Talang Padang-Tanjung Raya Kecamatan Pendopo.Selain itu, jalan sepanjang pinggir sungai musi, antara Kecamatan Pendopo-Ulu Musi, juga menjadi daerah yang paling rawan terjadinya longsor. Jalan sepanjang 30 Km tersebut, merupakan salah satu jalan Provinsi yang juga sering terjadinya longsor di wilayah Kabupaten Empat Lawang.

“Titik rawan longsor di Kabupaten Empat Lawang, memang masih banyak. Terutama di kawasan Tebing Tinggi, Talang Padang, Pendopo dan Ulu Musi,” ungkap Rudinsi

Menurutnya, Dinas PU Kabupaten Empat Lawang sudah melakukan berbagai upaya penanggulangan terjadinya longsor di beberapa titik yang dianggap rawan. Salah satunya dengan cara membangun bronjong atau tembok penahan di tempat-tempat yang sering terjadinya longsor.

“Beberapa bronjong atau tembok penahan sudah dibangun, untuk mengatasi terjadinya longsor. Kedepannya, semua areal yang rawan longsor akan dibangun sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Pantauan Empat Lawang Expres, jalan di sekitar Desa Lubuk Gelanggang, Kecamatan Tebing Tinggi merupakan areal yang paling sering terjadinya longsor. Bahkan lokasi tersebut sudah beberapa kali dibangun tembok penahan, namun masih tetap terjadi longsor. Di lokasi tersebut, puluhan mobil truk dan beberapa mobil lainnya pernah terjungkal akibat amblasnya beberapa bagian badan jalan. Akibatnya, jalan tersebut menjadi berlubang dan sering memakan korban.(*)

1 Comment:

baraadam Ardyansyah said...

good blog.
my blog http://baraadam.blogspot.com/

Poto Anggota Komunitas L4L