Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Rabu, 21 Oktober 2009

Warga Empat Lawang Desak Pembentukan Polres

TEBING TINGGI – Warga Kabupaten Empat Lawang mendesak jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) agar segera membentuk Polres defenitif di kabupaten termuda di Sumatera Selatan (Sumsel). Desakan tersebut mulai dihembuskan warga, mengingat dalam empat bulan terakhir kasus tindak kriminal kerap menghantui warga.

Hampir setiap hari kasus penodongan dann pencurian terjadi di wilayah bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Bahkan kasus perampokan disertai pembunuhan sudah beberapa kali terjadi dan belum satupun tersangka pelaku berhasil ditangkap polisi. Desakan pembentukan Polres ini juga sempat dilontarkan warga di tiga kecamatan, masing-masing Talang Padang, Ulu Musi dan Pasemah Air Keruh (Paiker), kepada para anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang dalam reses beberapa pekan lalu.

Bila Polres Empat Lawang telah dibentuk setidaknya jumlah personil Polri yang bertugas di Kabupaten Empat Lawang akan bertambah banyak. ‘’Dengan banyaknya personil Polri tentunya pengamanan wilayah Kabupaten Empat Lawang akan semakin ketat, serta semua wilayah dapat dipantau oleh aparat kepolisian,’’ ungkap Isa Ansori, salah seorang anggota DPRD Empat Lawang saat dibincangi Empat Lawang Expres beberapa hari lalu.

Menurut Ansori, melihat kondisi wilayah Kabupaten Empat Lawang yang begitu luas, memang sudah sewajarnya pembentukan Polres Empat Lawang segera dilakukan. Dengan terbentuknya Polres, maka sudah dapat dipastikan personil Polri pun akan bertambah banyak.

‘’Bila pembentukan Polres masih saja belum ada kejelasan, kami khawatir tindak kriminal akan terus terjadi. Penodongan dan perampokan terjadi dimana-mana khususnya di Kecamatan Ulu Musi dan Paiker,’’ jelasnya.

Polsek yang ada di masing-masing kecamatan, katanya sangat jauh dari harapan. Bukan hanya jumlah personil yang sangat minim, namun sarana dan prasarana penunjang juga masih belum memadai. ‘’Di Polsek jumlah personil sangat minim, belum lagi anggota di Polsek tidak bertempat tinggal di wilayah tugas lantaran tidak adanya asrama bagi anggota polisi,’’ tambahnya, seraya menambahkan agar jajaran petinggi kepolisian dapat memikirkan pembangunan asrama bagi anggota Polsek yang tersebar di Empat Lawang.

‘’Karena bila ada asrama maka anggota polisi bersangkutan tidak ada alasan untuk tidak tinggal di wilayah tugasnya masing-masing,’’ tambah Ansori.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang telah menyiapkan beberapa lahan untuk dijadikan pembangunan markas Polres Empat Lawang. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan dibentuknya Polres Empat Lawang tersebut.

Perwira Penghubung Polres Empat Lawang AKBP Munandar saat dikonfirmasi membenarkan belum adanya kepastian akan dibentuknya Polres defenitif tersebut. ‘’Belum ada kepastian, tapi yang jelas saat ini rencana pembentukan Polres Empat Lawang masih dibahas di Mabes Polri,’’ ujarnya.

Menyikapi maraknya kasus tindak kriminal akhir-akhir ini, Munandar menghimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungannya masing-masing. ‘’Bukan hanya polisi yang bisa mengamankan suatu wilayah, tetapi masyarakat juga diharapkan dapat bekerjasama dalam mengamankan lingkungannya masing-masing,’’ ujarnya.(*)

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L