Selamat Datang

Tanggal 20 April 2007, daerah Lintang IV Lawang diresmikan sebagai Kabupaten yang ke 15 di Propinsi Sumatera Selatan, KABUPATEN EMPAT LAWANG sebutannya,yang meliputi 7 Kecamatan: Pendopo Lintang, Muara Pinang, Lintang Kanan, Ulumusi, Pasemah Air Keruh, Talang Padang dan Tebing Tinggi, melalui Media ini kami akan menampilkan Kabar dan perkembangan Kabupaten baru ini, baik dari sisi “Pembangunan, Seni Budaya, Pariwisata, Kebudayaan dan Sosial Politik” Media ini sebagai jembatan Silaturahmi Masyarakat Lintang IV Lawang yang ada di seluruh penjuru dunia, sebagai wujud kebersamaan membangun Kampung Halaman tercinta, kepada para pengunjung Blog ini kami persilakan anda mengutip/menyunting isi blog ini dan mohon dapat anda sebutkan sumbernya, yang tentunya kami berharap Suku Lintang IV Lawang dapat dikenal oleh masyarakat diseluruh dunia, untuk Masyarakat Empat Lawang yang Singgah disini saya undang anda untuk bergabung di KOMUNITAS/MILLIS Empat Lawang, silakan Klik alamat ini : http://groups.google.co.id/group/lintang-iv-lawang?hl=id Kritik dan saran kirim ke is.majid@gmail.com

AddThis

Bookmark and Share

Kamis, 08 Juli 2010

Bupati Siap Tambah Kesejahteraan Kades

Sebagai abdi negaa penngayom masyarakat ditingkat desa, Kepala Desa harus berbangga dengan jabatan yang diemban. Karena setelah diberikan kesejahteraan yang cukup maksimal dengan gaji lebih tinggi dan fasilitas sepeda motor operasional, kedepan Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) tidak segan akan kembali meningkatkan kesejahteraan pada kades dibumi saling keruani sangi kerawati.
”Saya ingin Kades harus benar benar sap dalam menjalankan tugas sesuai aturan program yang ada, terutama dalam melakukan pengawasan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat didaerahnya dengan baik dan maksimal. Untuk ini akan terus dilakukan evaluasi, jika memang ada perkembangan yang baik kedepan diupayakan kembali akan ditambah kesejahteraannya,” ungkap HBA saat memberikan arahan pada acara sosialisasi PNPM Mandiri beberapa waktu lalu.
Menurutnya, tugas utama seorang kades selain sebagai unsur kepemerintahan tingkat desa, yang paling penting harus memberikan pelayanan dan pengawasan kepada masyarakat dan perkembangan kondisi daerahnya. Terutama jika terdapat proyek pembangunan, harus dilakukan pengawasan dan jangan takut melaporkan jika ditemukan indikasi yang tidak sesuai.
”Jika mendapat bantuan pembangunan kades jangan jadi kontraktor atau pemborong, tetapi harus mengawasi pekerjaan yang dilakukan. Jika memang ingin menjadi pemborong, lebih baik lepaskan atau berhenti menjadi kades,” tegas HBA.
Menurutnya, unsur pemerintahan desa harus berjalan sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. Dengan kata lain tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa menyelesaikan tugas. Karena pemerintah Empat Lawang sudah memberikan fasilitas kepada kades berupa gaji yang ditinjau dari nilainya memang paling tinggi se Sumsel bahkan bukan tidak mungkin tertinggi se Indonesia, kemudian harus bangga dengan diberikan kendaraan operasional motor. Selain itu pula, untuk penertiban administrasi pemerintah telah melantik Sekdes menjadi PNS. Termasuk juga di desa itu telah adanya bidan, dan karang taruna.
Jika pemerintahan ditingkat desa tidak menjalankan fungsi dan tugasnya, maka sangat diharapkan masyarakat segera melapor kepada pihak terkait. Bisa jadi lapor ke BPMD, atau ke anggota DPRD, bahkan bila perlu kepada bupati Empat Lawang pun siap dilayani.
“Kades sudah diberikan sepeda motor, Sekdes sudah dilantik menjadi PNS, jadi menjalankan program dari pusat maupun dari pemerintah kabupaten harus amanah. Jangan mengambil yang bukan pada haknya,”kata HBA.
Selain itu, lanjut HBA, tokoh masyarakat dan pemuka agama di desa dapat membantu mengawasi kinerja seorang kepala desa. Bahkan tidak segan melaporkan jika tindakan Kades menyimpang, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat terkontrol serta berjalan sesuai dengan harapan. Kades wajib patuh dan loyal dengan pimpinan, sehingga masyarakat yang dipimpin dapat menikmati hasil pembangunan. ”Jika tidak loyal pembangunan tidak ada di desanya, masyarakat juga yang akan rugi, sehingga tidak menutup kemungkinan kades di turunkan warganya sendiri akibat tidak bisa bekerja. Karena sesua dengan program pemerintah Empat Lawang, mengajak segenap masyarakat dan pemerintahan menuju Empat Lawang EMASS,”pungkas HBA.

0 Comments:

Poto Anggota Komunitas L4L